5 Hari besar agama Kristen Dan Maknanya

Setiap agama dan juga kepercayaan di dunia pasdti memiliki beberapa hari raya keagamaan atau pun hari besar tertentu yang akan di peringati setiap bulan ataupun setiap tahunnya. Tidak banyak juga orang yang beranggapan bahwa katolik dan kristen memiliki hari raya yang sama, sebenarnya kedua agama tersebut berbeda seperti RTP Slot Online.

Hari besar ini semuanya tercatat di dalam kalender liturgi dan juga di tetapkan sebagai libur nasional loh guys sebagai bentuk toleransi dari negara kita. Untuk ini kita perlu memperlajari lebih lanjut tentang Hari besar Agama kristen, yuk kita simak!

Hari Besar Agama Kristen

1. Hari Raya Paskah

Hari raya paskah menjadi salah satu hari raya terbesar yang dimiliki oleh agam kristen, Hari raya paskah dapat kita artikan sebagai hari dimana kebangkita tuhan yesus kristus dari kematiannya. Hari raya paskah sendiri biasanya selalu jatuh pada hari Minggu.

Awal mula hari raya ini adalah dari kisah masa lalu yang dimana Yesus disalibkan dan mati di kayu salib, Ia kemudian dikuburkan di kuburan baru milik seorang kaya yaitu Yusuf Arimatea. Dan setelah dari kuburnya itu Yesus bangkit kembali dari kematiannya dan diperingatilah hari raya paskah.

2. Hari Pentakosta

Pentakosta dan Buku Halaman 1 - Kompasiana.com

Hari raya agama kristen selanjutnya adalah Hari raya pentakosta, Hari raya pentakosta juga bisa dikatakan hari raya pencurahan roh kudus. ri raya pentakosta sendiri biasanya akan di rayakan setelah 50 hari dari hari raya paskah atau 10 hari setelah tuhan yesus naik ke surga.

Pentakosta dalam bahasa Yunani memiliki arti ke-50. Hari raya pentakosta ini selalu jatuh pada hari minggu. Pentakosta sendiri adalah bahasa ibrani yang memiliki arti shavout atau kalau dalam bahas indonesia berartikan minggu. Di dalam perjanjian lama, pentakosta dikatakan sebagai perayaan atas pencurahan rahmat tuhan dalam kehidupan manusia.

3. Hari Raya Natal

Hari Raya Natal adalah haris raya yang paling banyak di ketahui di Indonesia yang biasa di rayakan setiap tanggal 25 Desember setiap tahunnya. Hari Raya Natal ini sendiri merupakan bahasa portugis yang meiliki arti kelahiran.

Hari Raya Natal ini menjadi hari raya kristen yang paling meriah karena biasanya pada hari raya natal dekorasi lampu, kado, pohon natal, dan santa claus hadir menghiasi gereja dan setiap rumah keluarga yang merayakan. Hingga dekorasi-dekorasi di beberapa area di pusat Kota.

Hari Raya Natal juga disimbolkan sebagai hari lahirnya tuhan yesus dan oleh sebab itu setiap Hari Raya Natal akan dibuat semeriah mungkin sebagai bentuk bahagia telah datangnya sang penebus dosa dan juru selamat.

4. Hari Raya Jumat Agung

Hari raya selanjutnya bagi umat kristen yang dianggap penting adalah Hari Jumat Agung, Hari Jumat Agung ini adalah hari dimana para umat kristen memperingati hari kematian tuhan yesus. Jumat Agung diperingati sebagai kematian Yesus di kayu salib dalam menebus dosa manusia.

Hari raya jumat agung akan selalu di peringati setiap hari jumat setiap tahunnya dan akan menjadi hari libur nasional atau tanggal merah di indonesia. Penyaliban dan kematian Yesus dicatat oleh para sejarawan terkemuka pada masa Yesus seperti Flavius Yosefus, sejarawan yahudi dan tacitus, sejarawan romawi.

Kematian dan penyaliban yang dialami oleh yesus ini merupakan sebuah fakta dan benar- benar sudah di teliti bahwa ini adalah sebuah historis penting dari tempat. waktu dan sudah di catat di dalam alkitab serta para sejarahwan dunia.

Penyaliban Yesus terjadi karena tuduhan palsu orang Yahudi namun hal ini dipakai Allah untuk menggenapi rancanganNya yang besar dalam menyelamatkan manusia berdosa.

5. Hari Raya Kenaikan Yesus ke Surga

Hari raya kenaikan Yesus biasanya ini akan di rayakan setelah 40 hari hari kebangkitan yesus atau yang biasa di sebut dengan hari paskah. Didalam cerita dan alkitab mengisahkan bahwa yesus bangkit kembali dan bertemu dengan murid -muridnya setelah itu 40 hari setelahnya tuhan yesus pergi meninggalkan mereka untuk naik ke surga.